Powered by Blogger.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait

Wah, Kendaraan Wali Kota Rakitan Pelajar SMK

Liputan6.com, Solo: Wali Kota Surakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo (Rudy), mulai Selasa besok akan menggunakan mobil dinas rakitan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) dengan Kiat Motor.

"Pak Jokowi nanti akan memakai mobil yang dirakit oleh SMK Negeri 2 Solo bersama Kiat Motor dan Pak Rudy mendapat jatah dari mobil yang dirakit oleh para pelajar SMK Warga Solo bersama Kiat Motor," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemerintah Kota Surakarta Rahmat Sutomo, seusai penyerahan mobil tersebut di halaman Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin (2/1).

Mobil yang dirakit oleh para pelajar SMK dengan Kiat Motor yang menggunakan komponen 80 persen buatan lokal dan 20 persen impor itu dibiayai oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh. "Kedua unit mobil yang akan dipakai sebagai mobil dinas Wali Kota Surakarta dan Wakil Wali Kota Surakarta itu statusnya pinjam pakai," katanya.

Sukiat pendamping perakitan mobil SMK tersebut mengatakan, harga mobil itu Rp 95 juta per unit, ini kalau diproduksi masal. "Komponen mobil ini sebagian besar buatan anak-anak SMK yang ada di Solo Raya."

"Kami berharap setelah Pak Jokowi dan Pak Rudy mau memakai mobil rakitan dari anak-anak SMK di Solo Raya, nantinya bisa berkembang dengan baik dan para pejabat lainnya juga mau mengikuti menggunakan mobil ini untuk dinas maupun pribadi," katanya.

Kepala SMK Negeri 2 Solo Susanto dan Kepala SMK Warga Solo Heru Munandar setelah menyerahkan mobil tersebut, mengatakan untuk perawatan tidak ada masalah. "Mekanik kami siap 24 jam untuk memberikan pelayanan apabila ada masalah di kedua mobil yang dipergunakan oleh Pak Jokowi dan Pak Rudy".

Sementara itu Jokowi dan Rudy seusai menerima bantuan mobil tersebut, mereka mengatakan mulai Selasa (3/2) mobil tersebut akan digunakan sebagai mobil dinas.

"Saya sangat bangga bisa menggunakan mobil rakitan anak-anak SMK dan Kiat Motor yang pertama. Mobil ini juga tidak kalah dengan mobil-mobil lainnya, silakan dicek dan dicoba. Mobil ini nantinya juga akan saya pergunakan bepergian untuk dinas," kata Jokowi.

Ia mengatakan di negara-negara produsen mobil seperti di Jepang dan Korea, awal produksi mobil juga seperti yang dilakukan oleh para siswa SMK di Solo Raya ini. Melalui sistem ini akan memperkokoh ketahanan ekonomi di khususnya untuk produsen mobil.

"Menggunakan mobil dinas dengan buatan sendiri ini sama saja mencintai produknya sendiri, maka kami juga memakai produksi sendiri," kata Rudy.(ANS/Ant)
Title : Wah, Kendaraan Wali Kota Rakitan Pelajar SMK
Description : Liputan6.com, Solo: Wali Kota Surakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo (Rudy), mulai Selasa besok a...

0 Response to "Wah, Kendaraan Wali Kota Rakitan Pelajar SMK"

Post a Comment