Powered by Blogger.

Artikel Terbaru

Artikel Terkait

Manfaat bersyukur atas rizki yang telah kita dapatkan

Kadangkala kita merasakan betapa tetap kurangnya akan penghasilan yang kita dapatkan. Seberapapun itu. Ketika kita mendapatkan penghasilakn tetap 500 ribu dalam satu bulan mungkin berkeinginan untuk mempunyai sebuah sepeda motor dan berkeyakinan bahwa dengan memiliki sebuah sepeda motor perasaan kita sudah sangat senang dan bahagianya.


Setelah sepede motor kita dapatkan, dan mungkin sudah lama kita gunakan, maka lambat laun kita akan bosan dan pastinya akan mempunyai keinginan yang lebih tinggi. Hal tersebut mungkin dikarenakan dengan menggunakan sepeda motor masih banyak kekurangan yang kita miliki, diantaranya, masih kurang nyaman, kapasitas terbatas, tidak mempunyai fasilitas yang lebih, dan tentunya kehujanan disaat musim hujan dan merasa panas ketika berkendara ditengah teriknya matahari.
Dari situ mungkin kita sudah berfikir bagaimana kita bisa membeli sebuah mobil. Dengan berbagai macam upaya kita kerahkan untuk bisa mendapatkan sebuah mobil. Mungkin awalnya kita mungkin sudah cukup dengan memiliki sebuah mobil butut bekas pakai yang harganya masih puluhan, bahkan mungkin hanya belasan juta saja.
Setelah kita dapatkan mobil tersebut, pastinya kita akan tidak puas ketika kita mendapati banyak fitur yang tidak dimiliki oleh mobil kita dibandingkan dengan mobil-mobil yang lain. Dengan melihat kondisi tersebut, maka ketika kita tidak bisa mengendalikan diri dan tidak bisa mensyukuri apa yang telah kita miliki, pasti kita mempunyai keinginan yang lebih, mungkin ingin membeli sebuah mobil baru yang harganya ratusan juta.
Dengan melihat kondisi diatas, kita sudah bisa menganalisa bahwa segala sesuatu yang selalu kurang akan menyebabkan kita akan mempunyai beban tambahan sendiri yang sebenarnya hal tersebut tidak perlu ketika kita bisa mensyukuri apa saja yang telah kita dapatkan.
Kita akan merasa kurang ketika barang-barang milik kita lebih jelek/atau buruk dari milik tetanggaa atau orang lain. Oleh karena itu maka kita diwajibkan untuk bisa mensyukuri akan segala macam rizki yang diberikan oleh Alloh SWT. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita bisa mensyukuri akan segala rizki yang telah diberikan oleh Alloh SWT diantaranya :
  1. Hari-hari kita akan menjadi tenang tanpa adanya pikiran-pikiran beban yang harus dipenuhi untuk mengikuti segala macam keinginan kita.
  2. Dengan mensyukuri segala macam rizki dan nikmat Alloh, maka Alloh akan menambah rizki kita
  3. Alloh akan menyayangi hambanya yang selalu mensyukuri segala macam rizki yang diberikan kepada hamba-Nya.
  4. Yakinlah bahwa Alloh telah memberikan yang terbaik kepada kita. Mungkin dengan rizki yang lebih banyak, kita akan lebih terjerumus ke hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.
  5. Mensyukuri rizki dan nikmat akan membawa berkah tersendiri.
Nah, dengan banyaknya manfaat bersyukur tersebut, maka mungkin kita bisa lebih tenang dalam menjalani hidup. Kebahagiaan dalam hidup bukan semata-mata ditentukan oleh banyaknya uang dan harta yang dimiliki. Tetapi uang dan harta yang dimiliki juga salah satu penentu kebahagiaan sebuah kehidupan. Tanpa harta hidup kita akan susah, tetapi banyak harta juga bukan merupakan jaminan hidup kita akan bahagia.
Sebenarnya ada beberapa cara bagaimana kita mensyukuri akan rizki yang Alloh berikan, diantaranya :
  1. Jangan selalu melihat orang yang lebih dari segi harta. Hal tersebut akan memacu kita untuk ikut-ikutan dalam mempunyai harta tersebut.
  2. Lihatkan orang yang hartanya lebih sedikit dibandingkan dengan kita dan hidup lebih bahagia dengan harta yang secukupnya.
  3. Orang akan merasa kehilangan ketika sumber rizki tersebut sudah tidak ditangan lagi, oleh karena itu jagalah sumber rizki/harta yang telah kita miliki. Mungkin kita merasa sangat kurang dengan penghasilan sebagai karyawan sebesar 300 ribu, dan selalu mengeluh, tetapi coba renungkan ketika kita sudah di PHK dan 300 ribu tersebut sudah tidak bisa kita dapatkan dalam setiap bulannya.
  4. Pikirkanlah kebutuhan, jangan keinginan. Kalo kita butuh motor, maka kita memang harus dan wajib beli motor, tetapi jika kita ingin mobil tetapi belum tentu butuh maka sebisa mungkin kita menangguhkannya. Berfikirkan yang lebih realistis dan masuk akal. Jangan mementingkan sebuah keinginan dibandingkan dengan kebutuhan.
Demikian apa yang bisa saya sharing pada postingan kali ini. Semoga bisa menambah rasa syukur kita terhadap semua rizki yang telah Alloh berikan kepada kita. Jika ada yang kurang berkenan, saya mohon maaf sebesar-besarnya. Terima kasih
Title : Manfaat bersyukur atas rizki yang telah kita dapatkan
Description : Kadangkala kita merasakan betapa tetap kurangnya akan penghasilan yang kita dapatkan. Seberapapun itu. Ketika kita mendapatkan penghasilakn ...

0 Response to "Manfaat bersyukur atas rizki yang telah kita dapatkan"

Post a Comment